Senin, 30 Maret 2020

10 Cara Membuat Makanan Tahan Lebih Lama

Sebagian dari Anda tentu menjadi khawatir akan keberadaan stok makanan di masa pandemi Covid-19 ini. Beberapa cara dapat Anda jalankan untuk mengakibatkan makanan lebih tahan lama. Stok makanan menjadi hal gawat pas Anda mesti konsisten berada di tempat tinggal selama sebagian pas ini. Sayang, keterbatasan mobilitas kadang-kadang mengakibatkan sebagian orang susah beroleh asupan makanan bergizi. Ujung-ujungnya, makanan-makanan olahan serba instan menjadi santapan. Padahal, demi proses imun yang kuat, tubuh membutuhkan asupan makanan bernutrisi tiap tiap harinya.

Ada sebagian cara untuk mengakibatkan makanan tetap tahan lama. Mengutip The Daily Meal, keliru satu yang patut diperhatikan adalah temperatur lemari pendingin atau kulkas yang tepat. Food and Drug Administration (FDA) mencatat, suhu kulkas mesti berada di bawah 4 derajat Celcius, pas freezer mesti berada di bawah nol derajat Celcius. Berikut sebagian tips menyimpan makanan agar tahan lama.

1. Simpan alpukat bersama perasan lemon

Alpukat memiliki sejumlah nutrisi penting untuk tubuh. Alpukat termasuk mempunyai kandungan senyawa antioksidan yang merawat tubuh dari bermacam macam penyakit. Jika masih tersedia 1/2 potong alpukat yang tersisa, Anda dapat menyimpannya bersama mengoksidasinya terlebih dahulu. Bubuhkan perasan lemon terhadap alpukat. Asam sitrat bertindak sebagai pengawet alami. Bungkus alpukat bersama plastik dan simpan di dalam kulkas.

2. Simpan selada bersama tisu

Selada dapat cepat menjadi layu dan berlendir kecuali tidak disimpan bersama benar. Pindahkan selada ke kantong plastik atau wadah lainnya yang berbahan plastik. Tambahkan sebagian lembar tisu di bagian atas dan bawah sebelum menutup wadah. Tisu secara efektif dapat menyerap berlebihan air yang mengakibatkan selada layu sebelum digunakan. Selain itu, Anda termasuk dapat beri kesegaran kembali selada yang udah layu. Caranya adalah bersama merendam selada dalam air dingin selama 30 menit.

3. Simpan kue bersama roti

Penyimpanan dalam toples cantik tak dapat mengakibatkan kue tetap segar. Agar kue tetap kenyal dan tak mengering, simpan kue dalam kantung plastik bersama separuh roti di dalamnya. Ilustrasi. Temperatur kulkas yang tepat dapat mendukung makanan tetap tahan lama. (Istockphoto/belchonock)

4. Simpan susu di bagian belakang kulkas

Kulkas memiliki sebagian bagian berbeda. Bagian terdingin berada di paling belakang rak tengah dan atas (freezer). Agar susu lebih fresh dalam pas lama, jangan menyimpannya di dekat pintu atau bagian depan. Taruh susu di bagian belakang rak.

5. Simpan sayuran di laci kulkas

Sebagian besar sayuran akan baik-baik saja pas dibiarkan dalam kemasan aslinya. Namun, mereka akan tubuh subur dalam kulkas dan bertahan lebih lama pas disimpan di dalam laci. Simpan brokoli, kembang kol, seledri, mentimun, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan sayur lainnya di bagian laci kulkas Anda.

6. Tutup bagian atas pisang bersama plastik

Pisang adalah keliru satu buah yang kaya akan persentase nutrisi berfaedah untuk tubuh. Pisang termasuk dapat beri tambahan rasa kenyang yang lebih lama. Namun, pas satu pisang udah cukup matang, maka seluruh pisang (dalam satu ikat) akan menjadi amat masak dalam hitungan hari karena pelepasan gas etilen. Untuk memperlambat proses tersebut, tutup atau bungkus bagian atas seikat pisang agar dapat disimpan untuk sebagian hari lagi.

7. Bilas stroberi dalam larutan cuka ringan

Stroberi kaya akan vitamin C di dalamnya. Vitamin C dikenal sebagai keliru satu nutrisi penting untuk merawat proses kekebalan tubuh. Untuk memperpanjang umur simpan, bilas stroberi bersama larutan cuka sesudah itu tiriskan. Keringkan bersama tisu. Campuran air cuka dipercaya dapat membunuh bakteri yang mengakibatkan stroberi melembek.

8. Bekukan sisa makanan

Sisa makanan jangan segera dibuang begitu saja. Sisa makanan masih dapat dikonsumsi asal dihangatkan terlebih dahulu. Simpan sisa makanan ke dalam wadah yang tepat dan menempatkan di dalam freezer sampai membeku. Jika dambakan mengonsumsinya, Anda hanya mesti memanaskannya saja.

9. Buang batang dan daun wortel

Apakah Anda dulu lihat bagian batang dan daun wortel menjadi layu dalam pas singkat? Hal itu berlangsung karena wortel menyedot nutrisi berharga dari daun dan batang tersebut. Untuk mengakibatkan wortel tahan lama, lepaskan bagian batang dan daun serta simpan di dalam kulkas.

10. Simpan bawang putih dan merah dalam kantung berlubang

Jangan menyimpan bawang-bawangan, kentang, dan labu di dalam kulkas. Sebaliknya, simpan di daerah yang sejuk, kering, dan berventilasi layaknya dapur. Menyimpannya dalam kemasan asli termasuk dapat mendukung mereka bertahan lebih lama. Umumnya, bawang-bawangan dan kentang dibungkus oleh plastik atau kantung berlubang untuk menahan pembusukan.

Bagikan

Jangan lewatkan

10 Cara Membuat Makanan Tahan Lebih Lama
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.